Tiket gratis untuk ke Jerman

Aku bersama dengan Program Pasch

Saat pertama kali masuk di jenjang SMA, pikiran utamaku  yaitu belajar dan meneruskan kegiatan belajar. Ternyata di SMA bukan hanya bahasa inggris yang dipelajari tetapi ada juga bagian kita untuk memilih mata pelajaran bahasa asing, saya memutuskan untuk memilih bahasa jerman. Tujuan saya memilih bahasa hanyalah kemauan biasa dan hanya karena mengikuti teman-teman yang lain.

Hari pertama mengikuti pelajaran bahasa asing, kami sangat senang karena mendapat ruangan yang nyaman untuk dipakai belajar karena menggunakan ruangan yang ber-ac. Jam belajar bahasa jerman pun dimulai. Saya piker pelajaran ini sulit dan membosankan. Ternyata dugaan saya salah. Ketika guru memperkenalkan diri dengan bahasa jerman, saya tidak memahami apa yang disampaikan oleh guru, tetapi ketika guru menerjemahkanartinya ke bahasa Indonesia akhirnya saya dapat mengerti artinya.

“MEIN NAME IST” ARTINYA nama saya, “ICH KOMME AUS” ARTINYA saya berasal dari, “ICH WOHNE IN” artinya saya tinggal di, DAN “ICH BIN LEHRERIN UND DU IST SCHULE” ARTINYA Saya adalah guru dan anda adalah murid. Setelah itu, saya mulai menyukai pelajaran bahasa jerman (DEUTSCH).

Pertemuan berikutnya frau atau ibu guru memberitahukan bahwa deutsch memiliki bagian pelajaran tambahan untuk anak sma kelas 10 dan 11 yaitu “PASCH” dalam pasch ini dibutuhkan siswa yang memang ingin menguasai bahasa jerman dan mengembangkannya ke dunia internasional atau dapat dikatakan berusaha merebutkan tiket gratis untuk ke Jerman. Bagi siswa-siswi yang berminat untuk mengikuti program ini diwajibkan mendaftarkan diri dan mengikuti kegiatan tambahan untuk pelajaran bahasa jerman. Dan nantinya akan diseleksi yaitu untuk kelas 10 menghadapi ujian A1 dan kelas 11 ujian A2, saya memutuskan untuk mengikuti sistem pelajaran A1.

Tambahan belajar dilaksanakan setiap jumat dan sabtu. Banyak hal yang saya peroleh dari pembelajaran tersebutak dapat mengikuti tes karena kesehatan saya terganggu, tapi karena didorong oleh rasa tanggung jawab dan motivasi orang tua serta guru di sekolahku, saya dapat mengikuti tes tersebut.

Setelah melewati tes pertama tambahan belajar masih tetap dilaksanakan. Target program ini adalah lulus seleksi untuk berkunjung ke negara Jerman. Wow ….saya berharap bisa berkunjung ke negara Jerman lewat Pasch .Kupacu semangatku untuk terus berlatih dan berlatih hingga tiba kesempatan untuk berkunjung ke negara tersebut.

Terima kasih buat sekolah tercinta SMA Negeri 1 Manado yang telah menyediakan wadah ini bagi siswa siswi yang berminat. Aku bertekat untuk menggunakan kesempatan ini sebaik mungin.

Terima kasih buat guru-guru yang dengan sabar mau membimbing kami dalam belajar bahasa Jerman. Jasamu tiada tara.

Terima kasih buat kedua orangtuaku yang senantiasa membimbing dan memberikan semangat serta motivasi buat saya.

Bersama dengan teman-teman yang mengikuti program PASCH kami akan terus belajar dan belajar untuk dapat meraih cita-cita.

Saya optimis bahwa saya bisa ke Jerman…

Seberapa besar tantangannya pasti bisa kita lewati bersama-sama.

4 thoughts on “Tiket gratis untuk ke Jerman

Tinggalkan Balasan

