Manusia tidak dapat hidup sendiri

Di dalam dunia sekarang ini semakin besar pertikaian yang terjadi, konflik-konflik yang begitu banyak yang sampai memuncak.

Hanya sendiri tanpa arah

Tentu kalian tahu dengan konflik ingin menang sendiri, dalam konflik ini dengan kedengkian tidak tahu bersosialisasi yang benar, dan tidak tahu bagaimana cara mengintrospeksi diri dengan baik.

Sebagai contoh ada seorang gadis yang bernama nia, orangnya begitu sombong, tinggi hati, merasa bahwa dirinya begitu cantik, banyak duit, dan apapun yang orang lain inginkan ada pada dirinya tetapi, banyak yang tidak menyukai perlakuannya di sekolah. Suatu hari di sekolahnya, ada seorang gadis yang bernama nendy, biarpun dia adalah seorang gadis yatim piatu orangnya begitu baik, redah hati, tdak memilih-milih teman, suka berbagi, dan ia begitu disenangi oleh teman-temannya. Suatu hari, nendy dan temannya menghampiri nia dan bertanya “apakah ada tugas untuk hari ini” ? jawabannya hanya simple yaitu tidak ada tugas untuk hari ini. Tetapi, di dalam hatinya ia telah menipu nendy Dn teman-teman yang lain. Disaat guru mata pelajaran tersebut masuk ternyata ada tugas, dan dengan gaya yang sombong hanya si nia yang mengerjakan tugas. Dengan ucapan yang menyinggung berkatalah nia “memang pak di kelas ini cuman saya siswa yang rajin dan begitu pandai.

Setelah itu …

Nia minta izin keluar kelas untuk ke toilet. Saat nia tidak berada di dalam kelas, mner menyampaikan bahwa pada esok hari akan dilaksanakannya ulangan harian.

Keesokkan harinya, Nia masih berlaga sombong ke teman-temannya. Disaat jam pelajaran dimulai, mner masuk dan mengatakan bahwa akan dilaksanakannya ulangan. Seluruh siswa menyiapkan kertas untuk ulangan. Wajah nia kelihatan buram dan tidak tahu harus berbuat apa. Saat siswa yang lain mengerjakan tugas dengan baik, nia begitu bingung dan tidak tahu harus berbuat apa. Waktu habis seluruh siswa mengumpulkan tugasnya masing-masing kepada mner. Waktu istirahat tiba teman-teman seluruh kelas membicarakan sekaligus mendiskusikan cara mengerjakan ulangan tadi dan menyamakan jawaban dari mereka. Disaat itu nendy melihat nia yang duduk terdiam sendiri merenungkan ulangan yang tadi. Pergilah nendy menghampiri nia katanya “kenapa dengan nia ?” setelah itu tanpa jawaban yang jelas nia langsung memeluk nendy dan berkata maafkan saya nendy, sikap saya begitu tidak baik kepada nendy dan juga teman-teman yang lain, apakah saya layak untuk dimaafkan ?” sambung nendy ”sebelum nia meminta maaf saya telah memaafkan nia dan berharap supaya nia berubah dan ternyata keinginanku tercapai, sambung teman-teman yang lain menghampiri mereka ia kami juga menyayangimu nia”. Akhirnya setiap hari mereka lewati bersama biarpun berbeda tetapi tetap satu. Ujian penutupan semester telah dilewati bersama. Akhirnya, hasil juara pun diumumkan bahwa nia dan nendy layak menerima peringkat satu umum secara bersamaan. Mendengar hal itu mereka bertambah rukun dan lebih dekat lagi demi janji yang mereka buat bahwa kesatuan persaudaraan tanpa memilih-milih teman, dan memperkuat rasa bersosialisasi yang baik sampai selama-lamanya ada di dalam diri mereka.

Jadi, kita harus mengambil kesimpulan bahwa rasa persaudaraan tersedia di dalam hati kita, semakin banyak tantangan untuk menggapai rasa kesatuan dalam persaudaraan lebih banyak lagi solusi untuk mengantisipasi tantangan untuk kita.

6 thoughts on “Manusia tidak dapat hidup sendiri

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s